Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered-Currently Not Indexed Status)

Tahukah kamu apa itu "Discovered currently not indexed" dengan status "Excluded"? Discovered currently not indexed maksudnya adalah halaman (url) sudah ditemukan oleh google tetapi belum di-crawl, sedangkan status excluded adalah status url yang masuk dalam ketegori pengecualian atau di kecualikan. Biasanya halaman (url) yang dikecualikan juga tidak diindeks oleh google karena menurut google halaman (url) merupakan duplikat dari halaman yang diindeks, atau diblokir dari pengindeksan oleh beberapa mekanisme di situs web itu sendiri.

Jika tag canonical url di terapkan dengan benar beberapa url atau halaman di situs web akan dikecualikan oleh crawler google, biasanya halaman yang dikecualikan merupakan halaman (url) yang memang tidak penting untuk diindeks seperi url ?m=1, ?m=0 dan /search. Pengecualian pada yang url seperti itu baik untuk situs web, dengan begitu url (halaman) duplikat akan terjaring kedalam keranjang pengecualian di search console. [ads id="ads1"] Lalu bagaimana jika pengecualian terjadi pada url post? Jika url yang dikecualikan adalah url post tentu saja itu merupakan hal buruk dan harus segera diperbaiki karena itu akan berdampak negatif kepada semangat kreator dalam membuat konten, setelah susah payah membuat konten tetapi google tidak mengindeksnya itu hal yang menyedihkan bukan, padahal halaman ditemukan tapi saat ini tidak diindeks!
Cara Mengatasi URL Yang Dikecualikan (Discovered Currently Not Indexed)
Saya termasuk salah satu yang mengalami discovered currently not indexed dengan status di kecualikan pada url post, tetapi itu tidak berlangsung lama karena saya langsung menanganinya dengan tepat, berikut tips untuk mengatasinya.

Mengatasi URL Dikecualikan

  1. Pastikan url tidak diblokir oleh robots.txt dan tag "noindex"
  2. Rubah judul konten dengan menambahkan keyword baru
  3. Perbaiki sub-title atau tag h2 didalam post
  4. Hindari penggunaan kata kunci yang tidak relevan dengan konten pada tag h2
  5. Koreksi ejaan setiap kata pada konten artikel
  6. Tambahkan paragraf yang relevan jika memungkinkan
  7. Kirim ulang sitemap.xml ke search console
  8. Tunggu crawler google menjelajahi ulang halaman (url) atau request perayapan dengan fitur URL Inspection.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, url dikecualikan karena mungkin terlihat seperti halaman duplikat, kecil kemungkinan crawler google salah dalam merayapi tag canonical url (url kanonis). Hal yang paling patut dicurigai dalam kasus ini (URL Dikecualikan atau Discovered Currently Not Indexed) pada URL post yaitu adanya pemblokiran oleh robots.txt dan tag noindex atau url terlihat seperti halaman duplikat. Oleh karena itu perubahan pada konten diperlukan jika robots.txt tidak memblokir halaman.

Berapa lama crawler google akan mejelajahi kembali halaman (url) yang dikecualikan setelah diperbaiki? tidak ada tetapan waktu yang pasti, Berdasarkan yang saya alami kurang lebih 7 hari setelah perbaikan, konten sudah terindeks dengan baik. Yang pasti google menegaskan akan menjadwal ulang penjelajahan pada url yang dikecualikan (Discovered currently not indexed).
Status: Excluded (Discovered Currently Not Indexed)
Jika kamu mengalami hal yang sama dengan saya, coba ikuti cara saya mengatasi url dikecualikan atau status: Excluded (Discovered currently not indexed), Lakukan sama persis dengan yang saya lakukan insya allah efektif untuk menyelesaikan permasalahan Discovered Unclear Status atau discovered currently not indexed di search console.
Lebih baru Lebih lama
Close