Cara Membuat Progressive Images

Dalam mengembangkan situs web konten visual seperti gambar (image) merupakan objek yang mengambil peranan besar, tetapi jika tidak hati-hati gambar juga bisa menjadi penyebab runtuhnya pengalaman pengguna di situs web anda karena gambar JPEG yang dimuat dengan lambat dapat menurunkan reputasi website dan konten.

Oleh karena itu, untuk menjaga pengalaman pengguna, saya memilih gambar (JPEG Progressive) sebagai koneten visual di website atau blog saya karena gambar jpg progresif atau lebih umum disebut dengan progressive image lebih ramah pengguna dibandingkan JPEG biasa.

Kelebihan Progressive Images

Progresif image dimuat langsung di situs web dan di awal pemuatan halaman progresif images akan dimuat dengan resolusi rendah terlebih dahulu dan kemudian resolusinya ditingkatkan saat situs web telah dimuat sepenuhnya. [Lihat selengkapnya]

Dengan demikian pengguna tidak perlu menunggu lebih lama untuk melihat konten dan berinteraksi di website atau blog. Hal itulah yang menjadi kelebihan progresif image di bandingkan gambar JPEG standar.

Lalu bagaimana cara membuat progressive image?

Membuat Progressive Images
Untuk membuat JPEG (image) progressive alat yang kita gunakan adalah photo editor terbaik sepanjang masa yaitu Photoshop (all version). Ada dua metode dalam membuat progressive image dengan menggunakan photoshop yaitu: [ads id="ads1"]

1. Melalui fitur Save as image

Setelah selesai menset-up gambar di photoshop, simpan gambar melalui fitur save as image, kemudian pada bagian Image Option pilih Progressive Images seperti yang saya contohkan pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Progressive Images
Catatan: Progressive Images hanya tersedia pada file JPEG (JPG), jadi jika ingin membuat progressive images, simpan gambar dengan format file JPEG lalu pilih Progressive.

2. Melalui fitur Save for web

  1. Buka dan set-up gambar di Photoshop
  2. Kemudian klik menu File
  3. Pilih Save for web
  4. Type file pilih JPEG, dan
  5. Centang Progressive Images
  6. Kemudian klik Save
Cara Membuat Progressive Images
Selesai...! Apa yang berbeda dari kedua cara membuat progressive images di atas? Motode yang pertama progressive images tidak melalui proses compress image sedangkan metode yang kedua progressive images sudah di kompres sehingga file size yang dihasilkan lebih kecil dan tentunya memuat gambar progresif yang kompres lebih ringan dibandingkan yang tidak kompres.

Meskipun demikian kedua metode menghasilkan progressive images yang ramah, menjaga pengalaman pengguna di situs web dan mempertahankan performa website yang optimal.

Saya sudah memulai untuk menggunakan progressive images di website (blog) saya, sekarang giliran anda untuk mulai menggunakan progressive images supaya performa website dan pengalaman pengguna di situs web anda tetap terjaga secara optimal.
Lebih baru Lebih lama
Close