Blogger: Duplikat Title Dan Description

Title tags dan meta description merupakan elemen penting di situs web, teks pada kedua elemen (title tags dan meta description) menjadi sinyal yang kuat dalam memberikan informasi akurat tentang isi halaman (url) kepada robot pengindeks google dan mesin pencari lainnya.

Meskipun demikian elemen title tags dan meta description tidak secara langsung mempengaruhi posisi (pagerank) halaman di hasil pencarian google, semua tergantung pada kueri yang anda pilih dalam kata kunci pada tag judul, deskripsi, isi konten dan beberapa mekanisme lainnya di situs web / blog anda.

Salah satu mekanisme situs web yang saya maksudkan adalah tentang bagaimana cara anda mengelola mekanisme situs web dan konten anda sehingga tidak terjadi yang namanya duplicate titles dan duplicate descriptions.

Apa itu duplikat title dan duplikat description?

Duplicate titles dan duplicate descriptions adalah situasi ketika teks pada tag judul dan deskripsi pada suatu halaman di situs web serupa dengan halaman lainnya yang ada di situs web tersebut.

Adapun faktor yang memicu terjadinya duplicate titles dan meta descriptions di situs web biasanya adalah mekanisme situs web itu sendiri dan faktor ketidak sengajaan karena minimnya pengetahuan tentang SEO.

Contoh:

Judul yang ada pada tag title untuk halaman ini adalah "Duplikat title dan duplikat description" yang bermakna bahwa artikel ini menjelaskan tentang keduanya (duplicate titles dan duplicate descriptions) secara spesifik.

Duplicate titles dan duplicate descriptions adalah dampak dari dua elemen yang berbeda di situs web yaitu title tags dan meta description, jika saya tidak memikirkan SEO dan PageRang untuk halaman ini mungkin saya akan membahasnya dalam dua halaman terpisah untuk memperkaya konten di website ini misalnya;
  • Judul halaman 1: "Cara Mengatasi Duplikat Title Di Blogger"
  • Judul halaman 2: "Cara Mengatasi Duplikat Description Di Blogger"
Tetapi dengan alasan SEO saya tidak melakukannya dan saya lebih memilih mengemas pembahasan tentang duplikat title dan duplikat description di satu halaman saja untuk menghindari terjadinya duplikat title pada konten di situs web ini.

Penyebab terjadinya duplikat title dan duplikat description

Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa ada 2 faktor atau pemicu yang menyebabkan terjadinya duplikat title dan duplikat description adalah mekanisme (pengkodean) situs web dan faktor ketidak sengajaan.

Dari sisi pengkodean

Di blogger, duplikat title dan duplikat descriptions umumnya disebebkan oleh pengkodean tag title dan tag description yang simple, bisanya tag title dan tag description yang ada di head situs web (blog) dikodekan seperti berikut ini.
<head>
  <title><data:view.title.escaped/></title>
  <meta expr:content='data:view.description.escaped' name='description'/>

  ...more tags and meta...
</head>
Pada dasarnya pengkodean tag title dan tag description seperti yang saya contohkan di atas bukan pengkodean yang salah, untuk halaman index, posts (konten) dan pages pengkodean tag title dan tag description tersebut sudah benar.

Tetapi untuk halaman yang tidak memiliki tag title dan tag description seperti halaman label dan archive, pengkodean seperti di atas menyebabkan terjadinya duplikat title dan duplikat description.

Dari sisi ketidak sengajaan

Selain mekanisme, duplikat title dan duplikat description di situs web juga bisa dipicu oleh faktor ketidak sengajaan seperti yang saya sebutkan pada contoh di atas.
[ads id="ads1"] Situs web atau blog yang sudah memiliki banyak konten sangat mengkin terdapat duplikat title dan duplikat description di situs web tersebut karena sebagai blogger yang sudah banyak menulis sangat tidak mungkin untuk mengingat konten apa saja yang sudah dipublikasikan, terlebih kueri pada judul dan deskripsi konten.

Cara Mengatasi Duplikat Title Dan Duplikat Description Di Blogger

Untuk mengatasi atau memperbaiki duplikat title dan duplikat description di blog blogger, yang perlu anda lakukan adalah membatasi perayapan dan pengindeksan untuk halaman pencarian (search) dan halaman archive dengan cara sebagai berikut.
  1. Masuk ke dashboard blogger anda.
  2. Klik menu settings (pengaturan).
  3. Gulir ke bagian custom robot header.
  4. Dan aktifkan tag tajuk robot khusus (custom robot header).
  5. Selanjutnya klik "Archive and search page tags".
  6. Centang atau pilih robot noindex untuk halaman pencarian dan halaman archive.
  7. Klik tombol save untuk menyimpan pengaturan.
Mengatasi duplikat title dan duplikat description dengan robot header
Dengan menambahkan robot header noindex pada halaman pencarian (search) dan halaman archive sudah cukup untuk mengatasi dan memperbaiki masalah duplikat title dan duplikat description di situs web/blog yang disebabkan oleh pengkodean atau mekanisme tag title dan tag description.

Adapun untuk mengatasi atau mencegah terjadinya duplikat title dan duplikat description yang disebabkan oleh faktor-faktor ketidak sengajaan pada halaman postingan (konten), ikuti tips berikut.

Tips Agar Konten Terhindar Dari Duplikat Title Dan Description

  1. Hindari membuat judul dan deskripsi konten yang 90% serupa dengan halaman lain
  2. Periksa judul konten lama di situs web sebelum membuat konten baru
  3. Aktifkan deskrispi penelusuran website/blog pada haman index dan halaman konten (postingan)
  4. Buat atau isi teks deskripsi dengan kalimat deskriptif yang menggambarkan isi url (halaman konten)

Dampak Negatif Duplikat Title Dan Duplikat Description

Dari pengalaman pribadi sebagai seorang blogger saya jelaskan bahwa dampak negatif yang diakibatkan oleh duplikat title dan duplikat description pada postingan (konten) adalah merosotnya pagerank halaman kontent di laman hasil penelusuran mesin pencari google.

Dari salah satu konten yang terjaring duplikat title dan duplikat description biasanya sulit muncul di halaman hasil pencarian google (SERP).

Meskipun demikian bukan berarti halaman di cap buruk oleh mesin pencari (google), hanya saja dalam SEO konten yang terjaring duplikat title dan duplikat description merupakan hal buruk, dan tentu saja itu juga memberikan dampak negatif pada peringkat website.

Memeriksa isu duplikat title dan duplikat description situs web

Untuk memeriksa situs web apakah terdapat duplikat title dan duplikat description pada konten yang sudah dipublikasikan gunakan alat penganalisa situs web online (Website Analyzer) salah satunya adalah search console dari microsoft bing.

Hubungkan dan verifikasi situs web anda ke search console bing kemudian buka laporan pengoptimalan mesin pencari (SEO Reports), pada halaman laporan seo tersebut anda akan melihat url atau halaman konten terjaring duplikat title dan duplikat description.

Selanjutnya apa yang dilakukan?

Memeriksa saja tentu tidak cukup untuk menyelesaikan masalah duplikat title dan duplikat description, harus ada tindakan nyata, setelah mengetahui halaman yang sudah dipublikasikan terjaring duplikat title dan duplikat description lakukan hal ini.
  1. Ikuti petunjuk untuk mengatasi duplikat title dan duplikat description yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Ubah judul dan deskripsi pada salah satu konten terjaring duplikat title dan description.
  3. Minta google dan bing malakukan pengindeksan secara langsung pada halaman yang ubah melalui fitur URL Inspection.
  4. Kirim ulang sitemap.xml website/blog anda.
Sebenarnya dalam beberapa kasus duplikat title dan duplikat description yang saya alami, konten yang terjaring duplikat title dan description lambat laun juga akan muncul di halaman hasil penelusuran.

Tetapi tentu saja tidak dengan reputasi yang memuaskan jika dibandingkan dengan konten lainnya yang tidak terjaring duplikat title dan description. Jika anda yakin dapat merubah duplikat title dan duplikat description ke yang lebih baik maka jangan ragu untuk mengedit ulang konten dan lakukan perubahan.
Lebih baru Lebih lama
Close