Sitemap.xml - Pengertian, Fungsi Dan Kaitannya Dengan SEO

Sebagian besar blogger tau bahwa sitemap.xml merupakan dasar dari pengoptimalan konten situs web di mesin pencari, tetapi saya tidak yakin jika setiap blogger paham bagaimana sitemap.xml dapat meningkatkan performa konten di mesin pencari seperti google dan bing. Maka dari itu pada artikel ini saya akan membahas tuntas tentang sitemap.xml serta kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization).

Tetapi seperti biasanya sebelum ke topik pembahasan (sitemap.xml) terlebih dahulu saya akan jelaskan pengertian sitemap.xml secara umum, simak penjeleasan lengkapnya pada paragraf berikut.
Sitemap.xml

Apa Itu Sitemap.xml

Sitemap.xml adalah daftar url posts situs web dan data publikasi yang dikemas dalam format xml (extensible markup language) dengan tujuan untuk memudahkan pertukaran data antar sistem seperti website anda dan mesin pencari.

Dalam bahasa sederhana sitemap.xml memudahkan mesin pencari menemukan konten (baru maupun lama) yang dipublikasikan di situs web.

Jadi pada dasarnya sitemap.xml hanya merupakan daftar isi berupa url postingan yang ada di situs web, sitemap.xml tidak melakukan apa-apa dalam pengoptimalan konten website anda di mesin telusur tetapi sistem mesin penelusur seperti google dan bing memerlukan sitemap.xml untuk mempermudah kinerja mereka dalam merayapi situs web dan mengindeks konten yang ada.
[ads id="ads1"] Selain itu sitemap.xml juga merupakan dokumen markup yang terstandardisasi namun bisa dimodifikasi, itu sebabnya sitemap.xml layak disebut sebagai dasar pengoptimalan mesin telusur yang paling berpengaruh untuk situs web dan konten website itu sendiri.

Fungsi Sitemap.xml

Seperti yang saya jelaskan di atas fungsi sitemap.xml adalah untuk mempermudah pertukaran data situs web dengan sistem pada mesin telusur.

Sitemap.xml menyimpan data situs web anda secara ringkas dan memberikan informasi (data situs) kepada mesin pencari (search engine).

Contoh Data Situs Web Dalam Markup Sitemap.xml

<?xml version='1.0' encoding='UTF-8'?>
 <urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9">
  <url>
   <loc>https://www.sitename.com/2021/03/content-website.html</loc>
   <lastmod>2021-03-11T14:55:14Z</lastmod>
   </url>
   <url>
   <loc>https://www.sitename.com/2021/03/search-engine-optimization.html</loc>
   <lastmod>2021-03-11T13:16:05Z</lastmod>
   </url>
   <url>
   <loc>https://www.sitename.com/2021/02/seo-best-practice.html</loc>
   <lastmod>2021-03-11T14:25:00Z</lastmod>
   </url>
   ....more....
 </urlset>
Di atas adalah contoh informasi data situs web yang dikemas secara ringkas dan dikirimkan ke mesin telusur menggunakan markup sitemap.xml.

Kenapa Harus Menggunakan Sitemap.xml

Mungkin kalian akan bertanya kenapa harus menggunakan sitemap.xml untuk mengirimkan data situs web ke mesin pencari? Saya tau ada selain sitemap.xml ada juga atom.xml yang dapat digunakan untuk mengirimkan data situs web ke mesin pencari (search engine).

Tetapi sitemap.xml memilki beberapa kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh sitemap atom.xml diantaranya;
  1. Sitemap.xml direkomendasikan langsung oleh google yang merupakan mesin telusur raksasa dunia.
  2. Sitemap.xml support untuk banyak CMS dan Search Engine.
  3. Menyimpan data situs dalam jumlah yang tak terbatas (tidak diketahui secara pasti jumlah maksimumnya).
  4. Sitemap.xml mengemas data situs web secara ringkas.
  5. Perenderan sitemap.xml oleh search engine lebih cepat dibandingkan yang lainnya.

Seberapa Besar Pengaruh Sitemap.xml Pada SEO (Search Engine Optimization)

Secara pribadi saya tidak bisa menyebutkan bilangan yang tepat untuk besar kecilnya pengaruh sitemap.xml terhadap SEO web site dan konten anda, tetapi secara fungsi sangat jelas peranan sitemap.xml sangat penting dan menmiliki pengaruh yang cukup besar untuk SEO, karena dengan sitemap.xml proses perayapan dan pengideksan oleh crawler mesin pencari menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Meskipun demikian dari analisa saya sitemap.xml tidak ikut menentukan pagerank halaman konten website anda di hasil penelusuran atau SERP (Search Engine Result Page).

Bagaimana mengirimkan data situs (sitemap.xml) ke search engine?

Cara paling mudah untuk mengirimkan data situs web (sitemap.xml) ke search engine atau mesin pencari (google dan bing), lakukan ping sitemap.xml ke search engine, caranya;

Enter URL berikut pada address bar browser untuk melakaukan ping sitemap.xml website anda, tapi sebelumnya ganti www.sitename.com dengan nama domain atau url situs web anda.

Search Engine (Google)

http://www.google.com/ping?sitemap=https://www.sitename.com/sitemap.xml

Search Engine (Microsoft Bing)

http://www.bing.com/ping?sitemap=https://www.sitename.com/sitemap.xml
Mengirimkan sitemap.xml dengan metode ping sitemap memang efektif bahkan hingga sekarang, tetapi sebaiknya setelah melakukan ping sitemap, juga sangat dianjurkan untuk mengirimkan sitemap.xml melalui search console.

Kesimpulan

Sitemap.xml bertujuan untuk mempermudah perayapan dan pengindeksan situs web dan konten yang ada didalamnya sedangkan untuk pagerank halaman, sitemap.xml tidak mengambil pengaruh yang sangat besar.

Bahkan salah satu pegiat seo mengatakan bahwa sitemap.xml efektif untuk SEO website yang sering update, adapun situs web yang tergolong sangat jarang update sitemap.xml tidak terlalu mempengaruhi SEO.
Lebih baru Lebih lama
Close