Kenali 3 Jenis Sitemap Di Blogspot Dan Kegunaan-nya

Blogger lawas mungkin sudah tidak asing lagi dengan ketiga sitemap yang akan saya jelaskan ini, tapi bagi blogger pemula bisa saja ini sesuatu yang baru yang penting untuk diketahui.

Sebelumnya saya akan jelaskan secara deskriptif pengertian sitemap dan fungsinya berdasarkan jenis sitemap itu sendiri, berikut ulasannya.

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah hierarki yang berisi tautan-tautan halaman yang ada di situs web. Dalam bahasa indonesia sitemap bermakna sebagai peta situs merupakan file yang memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya yang ada di situs web, serta yang berhubungan dengan elemen-elemen tersebut.

Fungsi Sitemap

Secara gamblang fungsi sitemap adalah untuk memudahkan pengguna dalam menjelajahi situs anda, dan untuk mesin telusur file sitemap berfungsi untuk memberikan efisiensi terhadap mesin telusur untuk meng-crawl situs web.

Hakikatnya sitemap yang ditujukan untuk pengguna berbeda jenis dengan sitemap yang ditujukan untuk mesin telusur (search engine).
Jenis-Jenis Sitemap Di Blogspot Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Sitemap Di Blogspot.

  1. Sitemap.xml
  2. Sitemap-pages.xml, dan
  3. Sitemap Page (Statice Page).
[ads id="ads1"] Sekarang saya akan ulas satu demi satu ketiga sitemap tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman dan mudah-mudahan ulasan ini akan menambah ilmu bagi teman-teman blogger semua terutama untuk blogger pemula yang kebetulan sedang mampir halaman ini.

Sitemap.xml

Sitemap.xml adalah file yang berisi informasi tentang postingan dihalaman blog anda, umumnya sitemap.xml berisi kumpulan URL postingan blog anda serta yang berhubungan dengan itu seperti, kapan terakhir kali postingan diperbarui dan apa versi bahasa markup halaman tersebut.

Sitemap.xml dibuat dan diperbaharui secara otomatis oleh blogger.com mengikuti perkembangan yang terjadi di blog anda. Mesin telusur seperti Google membaca file sitemap.xml untuk meng-crawl situs blog anda dengan lebih efisien.

Hal itu dikarenakan file sitemap.xml memberi tahu Google dan mesin telusur lain-nya tentang halaman dan file mana saja yang dianggap penting di situs blog anda.

Dengan sitemap.xml pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam akan lebih mudah dilakukan, contoh sederhana-nya adalah ketika anda mengirimkan sitemap (peta situs) blog anda ke mesin telusur.

Melihat File Sitemap.xml Blog Anda

Untuk melihat file sitemap.xml blog anda, yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetikkan URL blog anda pada address bar browser dan menambahkan slash sitemap.xml, contoh;
https://www.cordialblogger.com/sitemap.xml
Kemudian Enter untuk membuka atau melihat file sitemap.xml blog anda seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
File sitemap.xml
Kemudian untuk mengirimkan file sitemap.xml blog anda ke search engine atau search console anda hanya perlu mengirimkan URL Sitemap-nya saja, tidak perlu mengirimkan sekelumit kode sitemap.xml blog anda seperti yang ditampilkan pada gambar.

Saya sudah membuat artikel panduan khusus untuk itu, jika kamu ingin melihat-nya silahkan lihat panduan megirimkan sitemap.xml ke search engine.

Sitemap-pages.xml

Secara pengertian dan fungsi sitemap-pages.xml sama saja dengan sitemap.xml, yang membadakan-nya adalah sitemap-pages.xml berisi informasi penting tentang halaman yang dipublikasikan di statice page blog anda. Sedangkan sitemap.xml berisi informasi penting tentang halaman yang dipublikasikan melalui halaman postingan.

Apakah Harus Mengirimkan sitemap-pages.xml ke Search Engine?

Harus atau Penting dan tidak-nya tergantung pada jenis blog anda itu sendiri, misalnya untuk blog ini saya tidak mengirimkan sitemap-pages.xml, tetapi blog saya yang lain sitemap-pages.xml saya kirimkan ke search engine.

Alasan-nya karena blog tersebut merupakan blog yang saya gunakan untuk mempromosikan jasa, jadi saya fikir akan sangat baik jika customer saya mengetahui lebih jauh tentang blog tersebut. Bisa dikatakan saya lakukan itu untuk keperluan branding blog dan jasa yang saya promosikan melalui blog tersebut.

Apa Yang Terjadi Jika Dikirimkan?

Kemungkinan besar yang akan terjadi pada blog anda jika mengimkan file sitemap-pages.xml ke search engine adalah, sebagian halaman yang relavan dengan blog anda akan menjadi sitelink di halaman pencarian google.
Sitelink by sitemap

Sitemap Page (Statice Page).

Sitemap page merupakan halaman yang menampilkan sitemap atau peta situs blog yang ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas situs blog terhadap pengguna atau pengunjung situs blog, Sitemap page yang ditujukan untuk pengguna tidak adakaitan-nya dengan search engine apalagi SEO.

Sitemap page atau halaman peta situs umumnya berisi tautan postingan atau feed postingan blog anda, dan dikelompok-kan berdasarkan kategori postingan yang anda buat, lihat contoh Sitemap Page.

Dengan ada-nya sitemap page pengunjung blog anda akan lebih mudah mengetahui dan menelusuri isi blog anda.

Pengunjung blog yang membutuhkan lebih banyak informasi tentan apa yang ia cari, biasaya akan membolak-balik halaman blog anda melalui fitur-fitur navigasi yang ada, hal itu akan lebih mudah mereka lakukan jika anda menyediakan sitemap page di blog anda.

Jadi jika anda belum membuatnya di blog anda, atau ingin membuatnya dengan segera..., saya juga telah menyiapkan tutorial membuat sitemap page di halaman statis.

Penutup: Pada dasarnya ketiga sitemap yang jelaskan diatas sangat penting untuk perkembangan blog anda, karena pengguna maupun search engine perlu kita manjakan, agar blog lebih mudah mendapatkan view dan kunjungan, akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali.
Lebih baru Lebih lama
Close