Cara Agar Artikel Baru Cepat Terindex Di Google

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu maksud terindex dalam hal ini, terindex maksudnya adalah tampil atau muncul, jadi cepat terindex artinya cepat muncul (dapat dilihat) di halaman penelusuran Google.

Setelah mempublikasikan artikel di website atau blog anda, dibutuhkan beberapa waktu bahkan hari untuk Google mengindeks (menampilkan) halaman artikel tersebut di halaman penelusuran Google.

Hal itu dikarenakan banyaknya dokument baru yang diunggah Google setiap harinya dari semua website/blog yang ada di dunia, termasuk cordialblogger.com dan website atau blog kamu yang sedang membaca artikel ini.
Gambar ilustrasi cara agar artikel cepat terindex
Ada bebrapa hal yang dapat kamu lakukan agar artikel baru di website/blog cepat terindex (muncul) di halaman penelusuran Google diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Lakukan Resubmit Sitemap

Resubmit sitemap adalah mengirimkan ulang sitemap blog ke mesin pencari melalui search console, dengan melakukan resubmit sitemap, mesin pencari akan mengetahui bahwa ada halaman (artikel) baru di website atau blog anda kemudian mesin pencari akan segera melakukan pengindeksan.

Saya juga rutin melakukan resubmit sitemap ke search console setiap mempublikasikan artikel baru, terutama ke Search Console Google agar artikel cepat terindex, karena Google merupakan sumber utama traffic blog saya. [ads id="ads1"]

2. Inspeksi URL Dan Meminta Pengindeksan

Supaya artikel baru cepat terindeks di halaman penelusuran Google, lakukan inspeksi URL kemudian minta pengindeksan langsung, cara ini lebih cepat dan lebih mudah dilakukan untuk mempercepat pengindeksan artikel.

Untuk melakukannya masuk ke dashboard search console anda, klik URL Inspection, kemudian pada kotak pencarian masukkan url artikel (url kanonis), selanjutnya klik test live url.

Jika indikator berwarna hijau klik tombol request indexing untuk meminta pengindeksan langsung, setelah itu tunggu beberapa saat hingga url halaman (artikel) terindeks.

Jika halaman artikel baru anda unik hanya butuh waktu beberapa menit untuk google mengindeksnya, namun jika tidak unik kemungkinan akan sedikit lama namun jika dibandingkan dengan cara lain, itu termasuk cepat.

3. Jadikan Artikel Anda Unik Dan Terstruktur

Halaman (artikel) yang unik dan terstruktur seringkali lebih mudah terindeks di mesin pencari seperti Google dan Bing dan mendapatkan posisi yang bagus (di posisi teratas) di halaman penelusuran.

Jadi agar artikel cepat terindeks dan mendapatkan posisi yang bagus di halaman penelusuran pastikan artikel anda unik dan terstruktur, setidaknya kalaupun banyak serupa dengan situs lain, sudut pandang pada artikel anda harus berbeda.

4. Tingkatkan Efisiensi Crawling Dan Indexing Halaman

Perayapan (crawling) dan pengindeksan (indexing) oleh mesin pencari bisa terhambat oleh beberapa hal, namun yang paling mengganggu adalah halaman duplikat dan halaman-halaman yang tidak penting di website atau blog anda.

Maka dari itu kita perlu membantu mesin pencari untuk mempermudah proses crawling dan indexing terhadap halaman penting di situs web.blog seperti halaman artikel.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan efisiensi crawling dan indexing oleh mesin pencari terhadap blog atau website yang sedang kita kelola, namun disini saya hanya menjelas 3 poin yang utama saja yaitu;

5. Gunakan Markup Data Terstruktur

Markup data terstruktur membantu mesin pencari terutama Google, memahami halaman (artikel) dengan lebih baik sehingga dengan adanya markup data terstruktur diharapkan proses perayapan dan pengindeksan pada halaman menjadi lebih cepat.

Selain itu markup data terstruktur juga bertujuan untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari Google agar menampilkan cuplikan yang sesuai untuk halaman atau artikel anda (sesuai dengan markup data terstruktur yang anda gunakan).

Kesimpulan

Mesin telusur Google dan lainnya setiap harinya disibukkan dengan situs-situs baru dan halaman-halaman baru, jadi kalau kita ingin artikel cepat terindex di halaman penelusuran maka kita harus membantu meningkatkan efisiensi perayapan dan pengindeksan mesin pencari terhadap halaman (artikel).

Demikan tips dari saya agar setiap artikel baru cepat terindeks di halaman penelusuran Google, semoga dapat dipaahami dan diterapkan dengan benar, semoga sukses dan sampai jumpa lagi di artikel dan tips-tips blogging lainnya di waktu mendatang.
Close