Canonical URL: Definisi, Contoh Dan Fungsinya

Canonical URL adalah URL resmi (url representatif) suatu halaman web yang ditandai dengan tag <link rel="canonical"/> di head situs, dimana tag canonical tersebut bertujuan untuk memberikan sinyal kepada crawler mesin pencari mengenai URL resmi halaman yang harus dicrawl dan di-index.

Ikon tag canonical
Pada umumnya, situs web selalu memiliki halaman dupilikat contohnya adalah halaman versi seluler dan halaman versi desktop, salah satu dari versi halaman harus ditegaskan sebagai url kanonis untuk mempermudah Google melakukan crawling dan indexing pada halaman.

Caranya adalah dengan memberi tag "canonical" pada salah satu versi URL halaman dengan menggunakan tag <link rel="canonical"/> kemudian menempatkan tag tersebut di bagian elemen head website, berikut adalah contoh tag canonical URL. [ads id="ads1"]
<!DOCTYPE html>
<html lang="id">
  <head>
    <link href="https://www.cordialblogger.com/" rel="canonical"/>
    <!--elemen head-->
  </head>
 <!--document body-->
</html>
Tentunya setiap platform web memiliki mekanisme tersendiri dalam memberikan label canonical pada URL halaman, misalnya di blogger pemberian tag canonical pada URL resmi sangat sederhana yakni dengan menambahkan kode berikut ke elemen head.
<link expr:href="data:view.url.canonical" rel="canonical"/>
Kode tersebut secara otomatis menjadikan URL halaman versi desktop sebagai URL Resmi (URL Canonical), kemudian kanonikalisasi URL diperkuat dengan sinyal sitemap yang juga telah disediakan olah platform.

Tujuan Dan Fungsi Tag Canonical

  1. Untuk kanonikalisasi URL dari halaman duplikat tentunya,
  2. Mempersingkan waktu crawling oleh mesin pencari (Google), dan
  3. Mengurangi beban crawler, sehingga
  4. Mempercepat proses indexing halaman kanonis.
Mari kita kaji kebenarannya, tanpa tag <link rel="canonical"/>, crawler akan memutuskan sendiri halaman versi seluler atau halaman versi desktop yang akan di-index, sehingga beban crawler menjadi bertambah dan dibutuhkan lebih banyak waktu untuk merayapi kedua halaman.

Sedangkan jika kita menegaskan url canonical dengan tag canonical, crawler akan fokus merayapi (memeriksa) satu halaman saja hanya sesekali memeriksa halaman duplikat, dengan demikian sangat masuk akal jika proses pengindexan halaman menjadi lebih efisien ketika kita menegaskan url canonical kepada crawler mesin pencari.

Melalui poin-poin di atas juga dapat kita simpulkan bahwa penerapan tag <link rel="canonical"/> bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan efisensi crawling-indexing mesin telusur Google maupun mesin telusur lainnya.

Saya sendiri menganggap tag canonical merupakan salah satu dari sekian banyak praktik seo terbaik untuk halaman web/blog, beberapa tujuan dari penggunaan tag <link rel="canonical"/> juga (telah) dikemukan oleh Google sebelumnya melalui halaman dokumentasi crawling-indexing pada bagian Canonical URLs.
Close