PageRank: Definisi, Faktor Yang Mempengaruhi Dan Sejarahnya

Definisi: PageRank adalah algoritma mesin pencari Google untuk menentukan peringkat (rangking) suatu halaman website, Algoritma tersebut dirancang untuk membandingkan kualitas halaman dan relevansi antara halaman dengan keyword atau query yang dicari oleh pengguna.

Cara kerja algoritma pagerank adalah menghitung jumlah dan kualitas backlink ke suatu halaman website kemudian menjadikannya patokan dalam menentukan rangkin suatu halaman di mesin pencari, dengan asumsi bahwa halaman yang lebih berkualitas biasanya menerima lebih banyak backlink dari website lain.
Logo Google PageRank

Faktor Yang Mempengaruhi PageRank

Anggap saja kualitas konten setara, maka setelah itu dua hal ini yang menentukan (paling mempengaruhi) PageRank website di halaman hasil penelusuran mesin pencari (search engine) Google yaitu;
  1. Kuantitas Backlink
  2. Kualitas Backlink
[ads id="ads1"] Kuantitas backlink adalah jumlah backlink, semakin banyak halaman website menerima backlink maka semakin tinggi juga rangking halaman tersebut di halaman hasil penelusuran mesin pencari.

Sedangkan kualitas backlink adalah tentang seberapa bagus backlink tersebut, biasanya itu tergantung pada query atau anchor text dan atribut rel pada link tersebut "follow" atau "nofollow".

Tetapi tentu saja di era digital yang sekarang ini sistem perangkingan seperti itu tentu tidak etis lagi, karena jika patokannya hanya backlink pengembang web memiliki celah untuk memanipulasi PageRank di halaman penelusuran mesin pencari (search engine) dengan cara memperbanyak backlink berkualitas.

Karena kelemahan Algoritma PageRank tersebut, Isunya Google menghentikan penggunaan pagerank dan dan menghapus toolbar pagerank pada tahun 2016..! Apakah isu ini benar..?

Baca terus sampai selesai supaya tidak gagal paham (ilmunya setengah-setengah), nanti akan terjawab apakah algoritma google page rank masih berlaku atau tidak.

Sejarah Google PageRank

  1. Pemilik Lisensi: Google LLC
  2. Pemilik Hak Paten: Stanford University
  3. Penemu dan juga pengembang: Larry Page
  4. Penemu dan juga pengembang: Sergey Brin
  5. Pengembang: Scott Hassan
  6. Pengembang: Alan Steremberg
Dilansir dari wikipedia, Larry Page dan Sergey Brin adalah orang yang pertama kali menemukan Algoritma PageRank di Universitas Stanford pada tahun 1996.

Kemudian Algoritma PageRank dikembangkan dengan bantuan Scott Hassan dan Alan Steremberg, keduanya direkrut oleh Larry Page dan Sergey Brin sebagai orang penting untuk pengembangan Google, dan pada akhirnya PageRank resmi diperkenalkan pada tahun 1998.

Apakah PageRank Masih Berlaku Di Search Engine Modern?

Google sebenarnya telah mengumumkan bahwa sistem analisis link dan PageRank masih berlaku hingga saat ini dan tetap menjadi bagian dari sistem penentuan peringkat halaman, namun Google juga menekankan bahwa cara kerja PageRank telah berubah dan berkembang pesat dibandingkan saat pertama kali PageRank diluncurkan.

Kebenarannya dapat kamu lihat di halaman website resmi Google yang berjudul: "A guide to Google Search ranking systems", pada bagian "Link analysis systems and PageRank", yang kalau diartikan kedalam bahasa indonesia; Sistem analisis link dan PageRank.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sistem penentuan peringkat Google, langsung saja kunjungi tautan yang telah saya sediakan pada paragraf di atas ini, pada halaman tersebut kamu dapat belajar lebih dalam lagi tentang sistem penentuan peringkat Google Penelusuran.

Dihalaman tersebut juga dijelaskan sistem apa saja yang masih berlaku pada algoritma mesin telusur Google dan sistem yang sudah tidak berlaku khususnya untuk penentuan peringkat di halaman penelusuran Google.

Referensi

__https://en.wikipedia.org/wiki/PageRank
__https://developers.google.com/search/docs/appearance/ranking-systems-guide
Close